Di Ende Dibawah Pohon Sukun Bungkarno Menggagas Dasar Negara
Di bawah Pohon Sukun, Bung Karno merenungkan butir-butir Pancasila. Salah satu tempat untuk merenung yaitu di bawah pohon Sukun. Pada waktu merenung di bawah pohon Sukun inilah Bung Karno memperoleh ide-ide tentang konsep dasar falsafah Negara jika kelak merdeka. Pohon Sukun tersebut tumbuh mulai dari pangkal dan bercabang lima.
Dasar bagi negara Indonesia merdeka, atau philosofische grondslag yang telah dikandung sejak di Ende itulah yang disampaikan Bung Karno pada tanggal 1 juni 1945 di depan sidang Dokoritsu Zyunbi Tyoosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan lndonesia (BPUPKI), sebagai jawaban untuk memenuhi permintaan ketua Dr. Radjiman Widyodiningrat. Sebelum tanggal 1 juni 1945 itu telah terjadi perdebatan yang tajam antara berbagai golongan yang ada.
Namun keadaan segera berubah setelah Bung Karno menyampaikan pidatonya, Pancasila dasar negara Indonesia merdeka. Semua perbedaan pendapat seakan menemukan akhirnya dalam satu sintese yang masing-masing merasakan aspirasi telah terwakili dalam philosofischegrondslag, Pancasila. Pidato Bung Karno ini diterima secara aklamasi oleh golongan Islam, nasionalis, dan lainnya tanpa kecuali sebagai dasar negara Indonesia merdeka (Sukarno, 2001: 177-206).
Sukarno di Pengasingan Ende 1934-1938, Konsepsi Pancasila tidak dapat disangkal, merupakan sintesa dari pikiran dan cita-cita Bung Karno sendiri setelah melalui permenungan yang panjang dan matang. Permenungan yang berawal dari sebuah pencarian spiritualitas hidup oleh Bung Karno sendiri, selama beliau diasingkan di Ende.
Pengasingan di Ende pada akhirnya membawa hikmah bagi Bung Karno sendiri. Pengasingan dari lingkungan kehidupan biasa menyuruh dia lebih banyak memikirkan masalah-masalah agama, dan lambat laun merasa perlu mengenal agamanya (Batmomolin, et a/, 2006: 73). Penghayatan Bung Karno tentang Islam sangat kental bercirikan kejawen. Bung Karno memang tidak alpa mengerjakan shalat 5 waktu, akan tetapi apabila Bung Karno memerlukan bimbingan lllahi, maka Bung karno mencarinya dengan mengheningkan cipta dan bukan di gereja atau di mesjid.
Bagaimana digambarkan pada sosok Sunan Kalijaga, yang mengalami pencerahan ketika lelaku “amartapa aneng kali tunggu, wit galinggang aneng wana” (mengheningkan cipta sambil menunggu sungai, di bawah pohon galinggang di sebuah hutan). Begitu juga Sukarno mengalami saat-saat yang dialami oleh Sunan Kalijaga. “Di Pulau Bunga yang sepi tidak berkawan aku telah menghabiskan waktu berjam-jam lamanya merenung di bawah pohon kayu. Ketika itulah datang ilham yang diturunkan oleh Tuhan mengenai lima dasar palsafah hidup yang sekarang dikenal dengan Pancasila.
Aku tidak mengatakan, bahwa aku menciptakan Pancasila. Apa yang ku kerjakan hanyalah menggali tradisi kami jauh sampai ke dasarnya dan keluarlah aku dengan lima butir mutiara yang indah. Di malam sebelum ku berbicara aku berjalan keluar di pekarang rumah kami seorang diri. Dan menengadah memandangi bintang-bintang di langit. Aku kagum akan kesempurnaan dan ciptaan-Nya. Aku merasa perlahan dalam hatiku. Kepada Tuhan kusampaikan, “Aku menangis di Pengasingan Ende 1934-1938 dalam dadaku, karena besok aku akan menghadapi setik bersejarah dalam hidupku. Dan aku memerlukan bantuan-Mu. Aku sadar, bahwa buah pikiran yang akan ku ucapkan bukan kepunyaanku. Engkaulah yang memberitahukannya di mukaku. Hanya Engkaulah yang memiliki daya cipta.
Engkaulah yang membimbing setiap nafas dari kehidupanku. Turunkanlah pertolongan-Mu. Kepada-Mu kumohon pimpinan-Mu. Kepada-Mu kupohonkan ilham guna di hari esok” (Bdk. Noersena, 2000:112-114). Bung Karno selain berdiskusi dengan kawan-kawannya beliau juga mengadakan permenungan.
Di depan tempat tinggalnya tumbuh sebatang pohon keluih, Bung Karno sering duduk berjam-jam bersandar di tempat itu sambil berdoa. Beliau sebenarnya sangat senang duduk di bawah pohon ini, akan tetapi karena kurang tenang akibat adanya kucing yang berkandang di situ, sehingga Bung Karno keluar mencari tempat yang lebih tenang. Beliau menemukan tempat yang sunyi dan tenang di bawah pohon sukun. Di tempat itu dulu adalah hutan dan tumbuh pohon-pohon besar. Di bawah pohon Sukun ini pula, disamping dijadikan tempat diskusi dengan para tetua, di tempat ini Bung karno melukiskan pikirannya yang berkaitan dengan kepercayaan umat Hindu: “Dan aku melihat pekerjaan daripada Tri Murti dalam agama Hindu, Brahma Yang Maha Pencipta dalam tunas yang tumbuh di kulit kayu yang keabu-abuan . Wisnu Yang Maha Pelindung dalam buahnya yang lonjong berwarna hijau, dan Siwa Yang Maha Perusak dalam dahan-dahan mati yang gugur dari batangnya yang besar. Dan aku merasakan jaringan-jaringan yang sudah tua dalam badanku menjadi rontok dan mati di dalam” (Soenaryo, 2004:68-69; bdk. Cindy Adam, 1966:183).
Sukarno di Pengasingan Ende 1934-1938, Suatu kekuatan gaib menyeretku ke tempat itu hari demi hari Di sana, dengan pemadangan ke laut lepas tiada yang menghalangi, dengan langit biru yang tak ada batasnya dan mega putih yang menggelembung, Di sanalah aku duduk melamun berjam-jam. Aku memandangi samudera bergolah dengan hempasan gelombangnya yang besar memukul pantai dengan pukulan berirama. Dan ku pikir-pikir bagaimana laut bisa bergerak tak henti-hentinya. Pasang naik dan pasang surut, namun ia terus menggelora secara abadi.
Keadaan ini sama dengan revolusi kami, kupikir. Revolusi kami tidak mempunyai titik batasnya. Revolusi kami, seperti juga samudera luas, adalah hasil ciptaan Tuhan, satu-satu Maha Penyebab dan Maha Pencipta. Dan aku tahu di waktu itu bahwa semua cipta dari Yang Maha Esa, termasuk diriku sendiri dan tanah airku, berada di bawah aturan hukum dari yang Maha Ada (Batmomolin dkk, 2006: 82- 83).
Di Pulau Bunga tepatnya di Ende Bung Karno menemukan penjelmaan konkret dari ide-idenya tentang dasar dan tujuan yang dapat berfungsi sebagai pemersatu bangsa Indonesia yang multi etnis dan majemuk. Di Ende yang sunyi Bung Karno sama sekali tidak berpidato satu kali pun. Di Ende yang terbelakang masyarakatnya, Bung Karno tidak mengadakan pertemuan-pertemuan politik, akan tetapi di Ende Bung Karno mengalami sebuah gejolak mental spiritual yang amat menentukan bagi perjalanan hidup dan perjuangannya selanjutnya.
Sudah menjadi cita-cita Bung Karno sendiri sejak masa mudanya untuk memberikan satu dasar yang kokoh dan tujuan yang jelas bagi perjuangannya memerdekakan Indonesia. Suatu elemen dasar pemersatu bangsa Indonesia kelak setelah kemerdekaan. Pancasila sebelum memperoleh bentuk akhirnya, yang kelak dikemudian hari menjadi dasar falsafah negara Indonesia, Sukarno di Pengasingan Ende 1934-1938 ideologis Bung Karno sendiri dan menjadi falsafah hidup serta perjuangan Bung Karno sendiri. Jiwa seseorang terungkap lewat seluruh perilaku hidupnya. Jiwa Bung Karno dapat dengan mudah ditemukan dalam surat-surat Bung Karno sendiri, dalam pidato-pidatonya, dan dalam tulisan-tulisannya. (Batmomolin, dkk, 2006:74-78).
Namun dengan kemahirannya berbahasa asing, Bung Karno dapat membaca buku-buku yang ada di perpustakaan milik Pater Geradus Hendricus Huijtink yang terletak di samping gereja Katedral. Bung Karno merasa mendapat dukungan para pastor karena pastor juga tidak setuju adanya penjajahan. Dengan kesempatan membaca buku, surat kabar dan diskusi dengan Pater Geradus Hendricus Huijtink dan Pater Bouma, Bung Karno walaupun di pengasingan dapat mengikuti perkembangan dunia luar baik di Asia maupun Eropa. Bung Karno biasa mengunjungi teman-teman diskusinya di Misi yang kini menjadi komplek Biara SantoYosef dan Gereja Katedral Ende.
Bung Karno Meninggalkan Ende
Pada bulan Oktober 1937 Thamrin melakukan konfrontasi dengan RGAZH. C. Hartevelt T. Thamrin membawa sepucuk surat dari Bung Karno yang menghendaki penahanan di tempat yang lebih dekat dengan Pulau jawa. Menurut Bung Karno, Flores jauh dari lalu lintas spiritual mereka.
Namun pemerintah Belanda tidak menginginkan Bung Karno berada di jawa, terutama di daerah Vorstenlanden (Surakarta dan Yogyakarta). Di samping pemerintah Belanda juga sadar akan ramalan Bung Karno sendiri tentang peran jepang dalam perang Pasifik yang akan terjadi, serta pretensi masyarakat jawa akan datangnya ratu adil yang antara lain dipersonifikasikan dengan Bung Karno, maka tidak mungkin ia di tempatkan di jawa. (Bob Hering, 2003: 279-282).
Di bulan Februari 1938, tidak seperti biasanya Darham, si tukang jahit datang ke rumah Bung Karno terengah-engah. Bung Karno yang sedang istirahat terperanjat melihat kedatangan Darham dalam keadaan demikian. Beliau menanyakan apa yang telah terjadi. Darham menjelaskan bahwa tadi jam setengah delapan dia mendengar berita dari radio yang mengatakan bahwa lr. Bung Karno akan dipindahkan ke tempat lain.
Dalam hati Bung Karno merasa bersyukur. Waktu itu Bung Karno menurut dokter telah terserang penyakit malaria hebat. Apabila Bung Karno tidak segera dipindahkan maka akibatnya akan fatal (Batmomolin dkk, 2001 :84). Bung Karno akan dipindahkan ke Bengkulu. Berita ini menggembirakan, bukankah Bengkulu lebih dekat dari Bandung. Tetapi bagi Bung Karno dan lebih-lebih bagi lbu lnggit, meninggalkan Ende juga menyedihkan karena jasad lbu Hamsi terbaring di pusara tanah Ende (Sagimun M.D, 1986: 147).
Pada 18 Oktober 1938 merupakan hari yang sangat sedih bagi para sahabat Bung Karno karena Bung Karno harus meninggalkan Ende. Waktu itu, malam sekitar pukul dua puluh, Bung Karno dan keluarga di antar menuju dermaga Ende. Kepergian Bung Karno dari Ende sangat diarahasiakan, namun para sahabatnya sudah berhasil mengetahui sebelumnya. Mereka telah menunggu di dermaga untuk mengucapkan selamat jalan kepada Bung Karno. Sambil memeluk mereka Bung Karno membisikkan, “jangan menjadi peminta-minta, peraslah keringatmu untuk hidup bersama keluargamu”.
Setelah itu Bung Karno berpaling dan meninggalkan mereka. Deraian air mata sahabat-sahabat dan pengagumnya mengantar kepergian Bung Karno dan keluarganya dari Ende. Pada hari Bung Karno sekeluarga berangkat dari Ende, beliau telah menjalani masa pembuangan di Pulau Bunga selama empat tahun sembilan bulan empat hari. (Batmomolin dkk, 2001:87) Demikianlah pada waktunya, Bung karno bersama lbu lnggit, juami, Kartika, dan Riwu naik kapal De Klerk menuju Surabaya.