TEMA KUNJUNGAN PAUS FRANSISKUS KE INDONESIA “IMAN-PERSAUDARAAN-BELA RASA”
Konferensi Waligereja Indonesia telah memilih “Iman, Persaudaraan dan Belarasa” sebagai tema kunjungan Paus. “Elemen utama logo dalam kunjungan ke Indonesia menampilkan gambar Paus Fransiskus dengan tangan terangkat memberikan berkat, di belakangnya lambang burung ‘Garuda’ berwarna keemasan,” demikian penjelasan yang dipublikasikan kantor pers Vatikan pada 8 Mei.
Logo tersebut juga menampilkan peta Indonesia, “sebuah negara kepulauan yang dicirikan oleh beragam kelompok etnis dan sosial, bahasa, budaya dan agama,” katanya.
IMAN – PERSAUDARAAN – BELA RASA
Oleh : P. Martin Harun, OFM
Evangelii Gaudium, Laudato Si’, Fratelli Tutti, dan Laudate Deum adalah dokumen-dokumen yang paling dekat dengan misi Gerakan Laudato Si’ Indonesia. Di bawah ini akan diupayakan keterangan singkat tentang peran iman, persaudaraan, dan belas kasihan dalam beberapa dokumen itu dengan juga menyediakan sejumlah kutipan langsung. Moga-moga karangan ini menolong untuk menyusun bahan renungan, katekese, homili, dll yang membantu membagikan sesuatu dari warta dan ajaran kegembalaan Paus Fransiskus ke umat menjelang saat kunjungannya. Please forward!
Moga-moga ada penulis lain yang memeriksa bagaimana ketiga tema ini berperan dalam misalnya Amoris Laetitia, Christus Vivit, Gaudete et Exultate, Misericordiae Vultus, Misericordia et Misera, etc.
Sebelum mulai, kita bertanya dulu:
Adakah kaitan tema ini dengan Pancasila?
- Ketuhanan Yang Maha Esa.
- Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab.
- Persatuan Indonesia.
- Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmah Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan.
- Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
(Iman) (persaudaraan dan bela rasa)
IMAN
Percaya kepada Allah
Setengah abad setelah Konsili Vatikan II, Paus Fransiskus merasa tetap perlu menekankan bahwa iman kristiani bukanlah pertama-tama penerimaan seperangkat besar kebenaran/ajaran, tetapi percaya kepada Allah Bapa yang adalah Kasih dan kepada Yesus Kristus dan Injil yang menyatakan belas kasihan Bapa dan memanggil kita untuk menyembah Allah Tritunggal dan mengasihi sesama. Itulah inti pokok iman kita, dan dari inti ini semua yang lain – penting tapi tidak sama penting -tidak pernah boleh dilepaskan agar tidak kehilangan maknanya.
EG 278 Iman berarti percaya akan Allah, percaya bahwa Dia sungguh mengasihi kita, bahwa Dia hidup, bahwa Dia secara misterius mampu ikut campur tangan, bahwa Dia tidak meninggalkan kita dan bahwa Dia menghasilkan kebaikan dari kejahatan karena kuasa-Nya dan daya cipta-Nya yang tak terbatas. Iman berarti percaya bahwa Dia berjalan penuh kemenangan dalam sejarah bersama mereka yang “terpanggil, yang telah dipilih dan yang setia” (Why 17:14). Marilah kita percaya pada Injil yang mengatakan pada kita bahwa kerajaan Allah sudah hadir di dunia ini dan sedang berkembang, di sana-sini, dan dalam berbagai cara: seperti benih kecil yang tumbuh menjadi pohon besar (bdk. Mat. 13:31-32), seperti takaran ragi yang membuat adonan mengembang (bdk. Mat. 13:33), seperti benih yang baik yang tumbuh di antara ilalang (bdk. Mat. 13:24-30) dan selalu dapat memberi kejutan yang menyenangkan bagi kita.
FT 282 … Sebagai orang beriman kita merasa diri ditantang untuk kembali ke sumber-sumber kita dengan berfokus pada yang terpenting: menyembah Allah dan mengasihi sesama, agar jangan sampai beberapa aspek ajaran kita, keluar dari konteksnya, akhirnya menyulut pelbagai bentuk penghinaan.
Iman memberi motivasi kuat untuk melindungi
Paus Fransiskus berulang kali menekankan bagaimana Iman memberi motivasi kuat untuk melindungi alam dan saudara-saudarinya yang paling rentan. Iman yang sejati tidak hanya memberi kekuatan pada hati kita sendiri, tetapi juga mampu mengubah seluruh arah kehidupan kita, dan menerangi hubungan dengan sesama dan ikatan dengan seluruh ciptaan. Paus mengharapkan umat beragama lain menemukan motivasi dalam iman mereka, dan mengajak juga orang tak beriman yang berkehendak baik untuk bekerja sama.
LS 64 keyakinan iman menawarkan kepada umat Kristiani, dan juga kepada umat beriman lainnya, motivasi kuat untuk melindungi alam dan saudara-saudarinya yang paling rentan. Jika hal menjadi manusia saja sudah mendorong orang untuk melindungi lingkungan di mana ia menjadi bagiannya, “umat Kristiani, khususnya, tahu bahwa tugas mereka dalam dunia ciptaan dan tanggung jawab mereka terhadap alam dan Sang Pencipta merupakan bagian integral dari iman mereka.” Adalah baik bagi umat manusia dan bagi dunia bila kita, sebagai orang beriman, lebih menyadari komitmen ekologis yang timbul dari keyakinan iman kita.
LS 96 Yesus mengangkat kembali iman alkitabiah akan Allah Sang Pencipta, sambil menekankan suatu kebenaran mendasar: Allah adalah Bapa (lihat Matius 11:25). Dalam percakapan dengan murid-murid-Nya, Yesus mengundang mereka untuk mengenali hubungan kebapaan yang dimiliki Allah dengan semua makhluk. Ia mengingatkan mereka, dengan kelembutan yang menyentuh hati, bagaimana setiap makhlukadalah penting di mata Allah: “Bukankah burung pipit dijual lima ekor dua duit? Sungguhpun demikian tidak seekor pun dari padanya yang dilupakan Allah” (Lukas 12: 6). “Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di surga” (Matius 6: 26).
LS 17 Iman membawa dorongan dan tuntutan baru berkaitan dengan dunia di mana kita adalah bagiannya. LD 61 Bagi umat beriman Katolik, saya tidak ingin lalai untuk mengingatkan mereka tentang motivasi yang mengalir dari iman mereka. Saya mendorong saudara-saudari dari agama lain untuk melakukan hal ya ng sama, karena kita tahu bahwa iman yang sejati tidak hanya memberi kekuatan pada hati manusia, tetapi juga mengubah seluruh kehidupan, mengubah tujuan-tujuan pribadi dan menerangi hubungan dengan sesama dan ikatan dengan seluruh ciptaan. LS 73 Entah beriman atau tidak, kita sekarang sepakat bahwa bumi pada dasarnya adalah warisan bersama; buahnya harus menjadi berkat untuk semua. Bagi orang-orang beriman ini merupakan soal kesetiaan kepada Sang Pencipta, karena Allah menciptakan dunia untuk semua.
Iman memotivasi untuk mengakui orang lain
Orang beriman mengakui bahwa Allah mencintai setiap manusia dan menganugerahkannya martabat yang tak terbatas. Hal itu memberikan kepada orang beriman komitmen kepada komunitas, masyarakat, dan orang miskin.
FT 85 Sesungguhnya, iman memberi motivasi-motivasi tak terkira untuk mengakui orang lain, karena orang beriman dapat mengakui bahwa Allah mencintai setiap manusia dengan kasih yang tak terbatas dan bahwa “dengan demikian Ia menganugerahkan martabat yang tak terbatas
EG 88 Iman yang benar akan Putra Allah yang menjelma tidak bisa dilepaskan dari pemberian diri, dari keanggotaan dalam komunitas, dari pelayanan, dari rekonsiliasi dengan sesama. Putra Allah, dengan menjadi manusia, mengundangkita kepada revolusi kasih yang lemah lembut. (lihat juga EG 178 Pengakuan iman dan komitmen pada masyarakat). LS 158 Hal ini pertama-tama meminta untuk memperhatikan martabat sangat besar orang miskin dalam terang keyakinan iman yang terdalam.
EG 48 Kita harus menyatakan, dengan terus terang, bahwa “ada ikatan tak terpisahkan antara iman kita dan kaum miskin.” Semoga kita tidak pernah meninggalkan mereka. FT 282 Juga, “umat beriman perlu menemukan ruang untuk berdialog dan berkarya bersama demi kebaikan bersama dan penyejahteraan orang-orang miskin.
Penghayatan iman dengan pelbagai cara
Paus Fransiskus sedih bila orang beriman saling menolak karena cara menghayati imannya berbeda. Beliau yang sangat menghargai penghayatan iman yang kerakyatan, menghargai juga iman yang belum setia pada semua yang dituntut imannya; khususnya penghayatan iman yang membantu keterbukaan hati kepada sesama saudara. EG 237 “Penghayatan iman yang kerakyatan” menerima dengan caranya sendiri seluruh Injil dan mewujudkannya dalam ungkapan doa, persaudaraan, keadilan, perjuangan dan perayaan.
FT 74 Seseorang yang beriman bisa tidak setia pada semua yang dituntut oleh imannya itu, namun mungkin merasa dekat dengan Allah dan merasa dirinya lebih pantas daripada yang lain. Akan tetapi, ada juga cara menghayati iman yang membantu keterbukaan hati kepada sesama saudara, dan itulah yang menjadi jaminan keterbukaan autentik kepada Allah. Santo Yohanes Krisostomus mengungkapkan tantangan ini bagi umat Kristen dengan sangat jelas: “Apakah Anda benar-benar ingin menghormatitubuh Kristus? Jangan meremehkan-Nya saat Dia telanjang. Jangan menghormati-Nya di gereja dengan jubah sutra, sementara Anda membiarkan Dia di luar menderita kedinginan dan ketelanjangan.”
EG 68 …. sejumlah besar orang yang telah menerima pembaptisan mengungkapkan iman dan bela rasa mereka kepada sesama dalam berbagai cara. … ada iman Kristiani sejati yang memiliki caranya sendiri untuk mengungkapkan diri dan menunjukkan hubungannya dengan Gereja. … Budaya populer yang terevangelisasi berisi nilai-nilai iman dan bela rasa yang mampu menggerakkan pengembangan masyarakat yang lebih adil dan beriman, serta memiliki kebijaksanaan khusus yang harus dihargai dengan penuh syukur.
Iman dalam hubungan kita dengan Umat Islam serta dunia pendidikan dan budaya
Iman tidak memisahkan umat Kristiani dari masyarakat; sebaliknya memberi relasi tersendiri dengan semua umat beragama lain, khususnya dengan umat Islam, seperti terungkap dalam kepercayaan kita bersama kepada Allah yang Esa dalam sila pertama. Karena itu Paus meminta agar semua umat beragama selalu diberi kebebasan untuk merayakan imannya. Iman juga tidak bertentangan dengan akal budi dan ilmu yang juga pemberian Allah; penerangan ilmu sangat diperlukan.
EG 252 Relasi kita dengan pengikut Islam menjadi sangat penting pada masa kini karena mereka kini secara signifikan hadir di banyak negara-negara bertradisi Kristiani, di mana mereka secara bebas dapat beribadat dan menjadi bagian penuh dari masyarakat. Kita tak boleh pernah melupakan bahwa mereka “menyatakan berpegang pada iman Abraham, dan bersama kita bersujud menyembah Allah yang tunggal dan maharahim
EG 253 Saya minta dan dengan rendah hati saya mohon dengan sangat kepada negara-negara tersebut agar memberi umat Kristiani kebebasan untuk beribadat dan merayakan iman mereka, dalam terang kebebasan yang dinikmati oleh para pengikut Islam di negara- negara Barat!
EG 242 . Iman tidak takut akan akal budi; sebaliknya, iman mencari dan mempercayai akal budi, karena “terang akal budi dan terang iman keduanya berasal dari Allah”191 dan tak dapat dipertentangkan satu sama lain. Evangelisasi memperhatikan kemajuan ilmu dan ingin mencurahkan kepadanya terang iman
Pewarisan iman
Paus Fransiskus memberi perhatian khusus kepada pewarisan iman katolik dalam keluarga, pendidikan, dan pastoral, mengingat pewarisan itu sering mengalami kebuntuan karena pelbagai faktor. EG 66 Keluarga juga merupakan tempat di mana orangtua mewariskan iman kepada anak-anak mereka.
EG 70 Kita juga tidak boleh mengabaikan fakta bahwa dalam dekade baru-baru ini telah terjadi kebuntuan pada cara umat Katolik mewariskan iman Katolik kepada orang muda. Tak dapat dipungkiri bahwa banyak orang merasa kecewa dan tak lagi mengidentifikasi diri dengan tradisi Katolik. Bertambah pula jumlah orangtua yang tidak membaptis anak-anak mereka atau mengajar mereka berdoa. Ada juga eksodus tertentu ke komunitas iman lain. Sebab-sebab kebuntuan ini mencakup: kurangnya kesempatan berdialog dalam keluarga-keluarga, pengaruh media komunikasi, subjektivisme yang relatif, konsumerisme tak terkendali yang memacu pasar, kurangnya reksa pastoral bagi kaum papa, kegagalan lembaga-lembaga kita dalam menyapa, serta kesulitan kita dalam mengembalikan kesetiaan mistik pada iman di tengah lingkungan pluralisme agama.
PERSAUDARAAN
Persaudaraan menjadi kata kunci penting dalam semua dokumen Paus Fransiskus yang kami telusuri. Paham persaudaraan ini sejauh menyangkut manusia dalam jangkauan nasional adalah sangat dekat dengan tema kemanusiaan yang adil, keadilan sosial bagi seluruh rakyat yang keduanya juga termasuk prasyarat bagi persatuan Indonesia. Dalam Pancasila tak tersurat maksud persaudaraan universal dan persaudaraan kosmis seperti yang ditemukan dalam dokumen-dokumen Paus Fransiskus.
Allah sendirilah yang menumbuhkan solidaritas dan persaudaraan dimana kita dapat menemukan kesembuhan seraya menemukan Allah dalam setiap manusia dan tergerak untuk mencari kebahagiaan sesama kita.
EG 71 Allah menyertai upaya-upaya tulus pribadi-pribadi dan kelompok- kelompok untuk menemukan peneguhan dan makna dalam hidup mereka. Dia tinggal di antara mereka, menumbuhkan solidaritas, persaudaraan, serta keinginan akan kebaikan, kebenaran dankeadilan.
EG 92 Di situlah [dalam pilihan kita untuk hidup dalam persaudaraan) kita menemukan penyembuhan sejati karena yang sungguh menyembuhkan bukan melemahkan kita ialah cara berelasi dengan sesama, yakni persaudaraan mistik, suatu persaudaraan kontemplatif. Inilah kasih persaudaraan yang memampukan kita melihat keagungan suci sesama kita, menemukan Allah dalam setiap manusia, menanggung ketidaknyamanan kehidupan bersama dengan berpegang erat pada kasih Allah, membuka hati pada kasih ilahi dan mencari kebahagiaan sesama seperti yang dilakukan Bapa di surga.
Kasih Persaudaraan menjadi pesan penting Kitab Suci
Di tengah banyak penderitaan orang miskin dan penindasan terhadap orang lemah di dunia sekarang, Paus mengingatkan akan kesaksian kuat atas persaudaraan dalam Kitab suci, mulai dari kisah Kain dan Habel sampai ke perjumpaan kita dengan Sang Hakim terakhir yang menyamakan diri dengan saudara-saudara kita yang paling hina.
EG i79 Ikatan tak terpisahkan antara penerimaan kita akan pesan keselamatan dan kasih persaudaraan sejati terungkap dalam beberapa teks Kitab Suci … Betapa berbahaya dan merugikan bila kita kehilangan rasa takjub kita, kegembiraan kita dan semangat kita untuk menghayati Injil persaudaraan dan keadilan! Sabda Allah mengajarkan bahwa saudara-saudari kita adalah perpanjangan penjelmaan Tuhan yang berlangsung terus bagi kita masing-masing: “Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku” (Mat. 25:40).
EB 187 “Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya?” (1Yoh. 3:17).
EG 211 Firman Allah kepada Kain, “Di mana Habel, adikmu itu?” (Kej. 4:9). Di mana saudara-saudarimu yang kauperbudak? Di mana saudara dan saudarimu yang kaubunuh setiap hari di pabrik kecil yang tersembunyi, di jaringan prostitusi, dalam diri anak-anak yang diperalat untuk mengemis, dalam diri orang yang harus bekerja secara sembunyi-sembunyi karena tidak memiliki dokumen resmi?
Persaudaraan universal dalam Fratelli Tutti
Ensiklik Khusus tentang Persaudaraan dan Persahabatan Sosial (Roma, 4 Oktober 2020) ini merupakan pengembangan dari Dokumen tentang Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Berdampingan (Abu Dhabi, 4 Februari 2019)
Bersumber pada Bapa dan Injil Yesus Kristus
Sementara orang lain minum dari sumber-sumber lain, kita sebagai orang beriman kristiani – tegas Paus Fransiskus -yakin bahwa dalam keterbukaan kepada kasih Bapa dan Injil Yesus Kristus kita digerakkan untuk membangun persaudaraan.
FT 272 Sebagai orang beriman kita meyakini bahwa, tanpa keterbukaan kepada Bapa dari semua, tidak akan ada alasan yang kuat dan mantap untuk panggilan kepada persaudaraan. Kita yakin bahwa “hanya dengan kesadaran sebagai anak-anak yang bukan yatim piatu ini, kita bisa hidup dalam damai satu sama lain.” Karena “akal budi sendiri mampu memahami kesetaraan antar manusia dan membangun kehidupan sipil bersama antar mereka, tetapi tidak berhasil membangun persaudaraan.”
FT277 Yang lainnya minum dari sumber-sumber lain. Bagi kita, sumber martabat dan persaudaraan manusiawi ini ditemukan dalam Injil Yesus Kristus.
Mengakui martabat setiap pribadi manusia
Persaudaraan yang melampaui batas-batas lingkungan dekat dan bersifat persaudaraan universal, mengandaikan kesadaran akan harkat dan martabat setiap manusia dalam keadaannya apapun. Dalam realitas buruk dunia sekarang, kesadaran itu perlu ditanamkan kembali dalam pewartaan dan katekese.
FT 8 Saya berkeinginan kuat agar, di zaman hidup kita ini, dengan mengakui martabat setiap pribadi manusia, kita dapat menghidupkan kembali di antara kita semua aspirasi universal akan persaudaraan.
FT 106 Untuk berjalan menuju persahabatan sosial dan persaudaraan universal, diperlukan pengakuan yang mendasar dan penting ini: menyadari betapa berharganya seorang manusia, betapa berharganya seorang pribadi, selalu dan dalam keadaan apa pun.
FT 86 Oleh karena nasionalisme yang tertutup dan penuh kekerasan, sikap-sikap xenofobia, penghinaan dan bahkan penganiayaan terhadap mereka yang berbeda. …, penting bahwa katekese dan khotbah secara tegas dan jelas berbicara juga tentang makna sosial keberadaan kita, dimensi spiritualitas persaudaraan, keyakinan akan martabat yang tak dapat dicabut dari setiap pribadi, dan dorongan untuk mengasihi dan menerima semua orang.
Pendidikan untuk persaudaraan
Persaudaraan meminta pendidikan mulai dari keluarga; diperlukan pembinaan secara sadar agar manusia sungguh berorientasi pada cinta kasih dan ia tidak dikacaukan oleh keinginan dangkal akan kebebasan individual dan kesetaraan tertentu.
FT 114 Keluarga merupakan tempat pertama di mana nilai-nilai kasih dan persaudaraan, hidup bersamadan berbagi, perhatian dan kepedulian terhadap sesama dihidupi dan diteruskan. Keluarga juga merupakan lingkungan istimewa untuk meneruskan iman, mulai dari sikap-sikap kesalehan pertama.
FT 103 Persaudaraan bukan hanya hasil dari kondisi penghormatan terhadap kebebasan individu, bukan juga dari kesetaraan tertentu yang diatur. … Persaudaraan dapat menawarkan hal yang positif pada kebebasan dan kesetaraan. Apa yang terjadi tanpa persaudaraan yang dibina secara sadar,
tanpa kemauan politik untuk persaudaraan, yang diterjemahkan ke dalam pendidikan untuk persaudaraan, dialog, penemuan relasi timbal balik dan saling memperkaya sebagai hal-hal yang bernilai? Yang terjadi adalah bahwa kebebasan melemah, sehingga menghasilkan keadaan kesendirian, sepenuhnya bebas untuk memilih menjadi milik siapa atau apa, atau hanya untuk memiliki dan menikmati saja. Ini sama sekali tidak menguras kekayaan kebebasan, yang terutama berorientasi pada cinta kasih.
FT 94 Kasih untuk orang lain, sebagaimana adanya dia, mendorong kita untuk mengusahakan yang terbaik bagi hidupnya. Hanya dengan mengembangkan cara berelasi seperti ini kita akan memungkinkan persahabatan sosial yang tidak mengecualikan siapa pun dan persaudaraan yang terbuka terhadap semua.
EG 107 Hidup persaudaraan dan semangat komunitas dapat membangkitkan dalam diri kaum muda keinginan untuk mempersembahkan diri mereka sepenuhnya kepada Allah dan untuk mewartakan Injil.
Persaudaraan antara yang tidak seiman
Paus Fransiskus sangat mementingkan persaudaraan antara orang-orang yang tidak seagama, suatu persaudaraan yang akan tampak dalam dialog dengan maksud untuk melindungi alam, membela orang miskin, tampak juga dalam menjamin hak asasi kebebasan beragama bagi pemeluk semua agama. Sebaliknya, agama tidak boleh memprovokasi peperangan, sikap kebencian, permusuhan, dan ekstremisme.
FT 3 Sungguh mengejutkan kita bahwa delapan ratus tahun lalu Santo Fransiskus menyarankan untuk menghindari segala bentuk “perselisihan dan pertengkaran” dan untuk menghidupi “ketundukan” yang rendah hati dan penuh persaudaraan, juga terhadap mereka yang tidak seiman.
LS 201 Mayoritas penduduk planet ini menyatakan dirinya sebagai orang beriman; hal ini harus mendorong agama-agama untuk masuk ke dalam dialog dengan maksud untuk melindungi alam, membela orang miskin, dan membangun jaringan persaudaraan yang saling menghormati.
FT 279 Ada hak asasi manusia yang tidak boleh dilupakan di jalan persaudaraan dan perdamaian, yaitu kebebasan beragama bagi pemeluk semua agama. Kebebasan ini menunjukkan bahwa kita dapat “membangun harmoni dan pemahaman antarbudaya dan agama yang berbeda
FT 285 Dalam pertemuan persaudaraan saya dengan Imam Agung Ahmad Al-Tayyeb, suatu perjumpaan yang saya ingat dengan penuh sukacita, kami dengan tegas telah “menyatakan bahwa agama tidak boleh memprovokasi peperangan, sikap kebencian, permusuhan, dan ekstremisme, juga tidak boleh memancing kekerasan atau penumpahan darah.”
Kesaksian persekutuan persaudaraan
Di tengah dunia yang terluka oleh perpecahan dan sulit berekonsiliasi, Paus mengharapkan dari umat kristiani kesaksian persekutuan persaudaraan penuh perhatian satu sama lain.
EG 99 Saya secara khusus meminta umat Kristiani dari segala komunitas di seluruh dunia untuk memberikan kesaksian yang memancar dan berdaya pikat tentang persekutuan persaudaraan. Biarkan setiap orang mengagumi bagaimana Anda saling memperhatikan satu sama lain, bagaimana Anda saling mendukung dan mendampingi satu sama lain.
EG 100 Mereka yang terluka oleh perpecahan sejarah menemui kesulitan menerima ajakan untuk pengampunan dan rekonsiliasi, karena mereka berpikir bahwa kita mengabaikan kepedihan mereka atau berharap agar mereka kehilangan ingatan dan cita-cita mereka. Tetapi, jika mereka melihat kesaksian komunitas- komunitas persaudaraan yang berekonsiliasi secara autentik, mereka akan menemukan bahwa kesaksian tersebut bersinar dan menarik.
Persaudaraan di dunia nyata saat ini
FT 33 Kita menikmati jaringan dunia maya tetapi kita kehilangan selera untuk persaudaraan.
FT 49 Jalan persaudaraan, baik lokal maupun universal, hanya dapat ditempuh oleh jiwa-jiwa bebas yang bersedia untuk berjumpa secara nyata.
FT 110 “Selama sistem sosial ekonomi kita masih menghasilkan satu korban dan masih ada satu orang yang disingkirkan, tidak mungkin ada pesta persaudaraan universal.”
FT 40 “Migrasi akan menjadi unsur sangat penting di masa depan dunia.” Tetapi, saat ini, migrasi terdampak oleh “hilangnya rasa tanggung jawab persaudaraan yang menjadi dasar setiap masyarakat sipil.”
EG 101 Marilah kita tidak membiarkandiri kita dirampok dari cita-cita kasih persaudaraan!
Dari Doa akhir FT
Tuhan dan Bapa segenap umat manusia, Engkau yang telah menciptakan semua manusia dengan martabat yang sama, curahkanlah ke dalam hati kami semangat persaudaraan. Ilhamilah kami dengan impian perjumpaan baru, dialog, keadilanserta perdamaian.
Persaudaraan universal kosmis dalam Laudato Si
Paus Fransiskus membiarkan dirinya dan kita diilhami oleh Fransiskus Assisi yang menyambut sesama makhluk ciptaan Bapa sebagai saudara-saudarinya yang ia kagumi dan tidak jadikan objek untuk dipakai dan dikuasai.
LS 87 (Dalam Gita Sang Surya Santo Fransiskus bernyanyi) “Terpujilah Engkau, Tuhanku, bersama semua makhluk-Mu, terutama Tuan Saudara Matahari;
Terpujilah Engkau, Tuhanku, karena Saudari bulan dan bintang-bintang,
Terpujilah Engkau, Tuhanku, karena Saudara Angin, Terpujilah Engkau, Tuhanku, karena Saudari Air; Terpujilah Engkau, Tuhanku, karena Saudara Api
LS 11 Santo Bonaventura menceritakan kepada kita bahwa, “mengingat bahwa segala sesuatu memiliki asal usul yang sama, Fransiskus merasa dirinya dipenuhi dengan kelembutan yang makin besar dan memanggil semua makhluk, betapa pun kecilnya, dengan nama ‘saudara’ atau ‘saudari’”.20 Keyakinan seperti itu tidak dapat diremehkan sebagai romantisme yang naif, sebab berdampak pada pilihan-pilihan yang menentukan perilaku kita. Jika kita mendekati alam dan lingkungan tanpa keterbukaan untuk merasa kagum dan takjub, jika kita tidak lagi berbicara dengan bahasa persaudaraan dan keindahan dalam hubungan kita dengan dunia, kita akan bersikap seperti tuan, konsumen, penguras sumber daya saja, tidak mampu menetapkan batas-batas kebutuhan mendesaknya. Sebaliknya, jika kita merasa erat bersatu dengan semua yang ada, maka kesahajaan dan kepedulian akan timbul secara spontan. Kemiskinan dan kesederhanaan Santo Fransiskus bukanlah asketisme lahiriah semata, melainkan sesuatu yang jauh lebih radikal: ia menolak untuk mengubah kenyataan menjadi objek yang hanya untuk dipakai dan dikuasai.
LS 221 Kita membangun persaudaraan mulia dengan seluruh ciptaan, seperti yang dihayati oleh Fransiskus dari Assisi dengan begitu cemerlang.
Dasar persaudaraan universal kosmis
Dasar persaudaraan universal terletak dalam asal usul dari Allah sebagai Bapa kita bersama, dan dalam Bumi sebagai rumah kita bersama; dan hanya mungkin terwujud dalam
kasih tanpa pamrih. Bila apapun tidak akan dikecualikan dari persaudaraan ini, tentu juga manusia mana pun tidak, dalam peziarahan seluruh ciptaan bersama menuju Kasih Sang Pencipta.
LS 228 Yesus mengingatkan kita bahwa kita memiliki Allah sebagai Bapa kita bersama, dan bahwa hal ini membuat kita bersaudara. Kasih persaudaraan hanya mungkin bila tanpa pamrih, dan bukanlah balas jasa atas apa yang telah dilakukan orang lain atau diharapkan akan dilakukan olehnya. Oleh karena itu, adalah mungkin untuk mengasihi musuh kita. Sikap tanpa pamrih yang sama itu mendorong kita untuk mencintai dan menerima angin, matahari atau awan, meskipun mereka tidak tunduk kepada kendali kita. Itu sebabnya kita dapat berbicara tentang persaudaraan universal.
EG 183 Bumi adalah rumah kita bersama dan kita semua adalah saudara dan saudari.
LS 92 Ketika hati kita benar-benar terbuka untuk suatu persekutuan universal, tidak ada sesuatu atau seorang pun yang dikecualikan dari persaudaraan ini. Oleh karena itu, benar juga bahwa ketidakpedulian atau kekejaman terhadap makhluk lain di dunia ini cepat atau lambat akan mempengaruhi perlakuan kita terhadap manusia lain. Semuanya terhubung; sebagai manusia, kita semua bersatu sebagai saudara dan saudari dalam suatu peziarahan yang mengagumkan, terjalin oleh kasih yang ditunjukkan Allah bagi setiap makhluk-Nya dan yang dengan kasih sayang lembut menyatukan kita juga dengan saudara matahari, saudari bulan, saudari air dan ibu bumi.
Dari Doa akhir LS
“Penuhilah kami dengan kedamaian, agar kami dapat hidup sebagai saudara dan saudari tanpa merugikan siapa pun.
BELA RASA
Compassion bukan kata yang sering dipakai Paus Fransiskus dalam dokumen-dokumen ini; juga terjemahannya bisa berbeda-beda: bela rasa, rasa kasihan, belas kasihan, dll. 2 Maknanya bila menyangkut sesama warga negara Indonesia adalah paling dekat dengan sila kelima tentang keadilan sosial. Keadilan universal dan ekologis dan rasa kasihan terhadap seluruh umat manusia dan lingkungan hidup tidak dibicarakan dalam Pancasila.
Bersumber pada belas kasihan Allah dan Yesus
Juga di sini Paus Fransiskus menegaskan bahwa belas kasihan terhadap semua manusia dan makhluk lain bersumber pada Allah dan diperlihatkan oleh Yesus yang tak hanya sendiri digerakkan olehnya tetapi juga mengutus kita untuk misi yang sama.
Gaudete & Exultate 131 Pandanglah Yesus. Bela rasa-Nya yang dalam bukan bela rasa yang melumpuhkan, menakutkan atau memalukan sebagaimana sering terjadi dalam diri kita, tetapi justru sebaliknya. Itu adalah bela rasa yang mendorong-Nya keluar dari diri-Nya sendiri untuk mewartakan, mengutus untuk bermisi, mengutus untuk menyembuhkan serta membebaskan. Marilah kita mengakui kelemahan kita, namun biarkan Yesus mengambilnya ke dalam tangan-Nya dan mengirim kita pada sebuah misi.
FT 59 Keinginan untuk meneladani sikap ilahi mendorong orang melampaui kecenderungan untuk membatasi diri pada sesama yang dekat: “Belas kasih manusia ditujukan kepada sesamanya, sedangkan belas kasih Tuhan kepada segala makhluk”(Sirakh 18:13).
Belas kasihan terhadap sesama dan globalisasi ketidakpedulian.
Dalam menghadapi begitu banyak derita dan luka-luka saat ini, satunya pilihan kita ditunjukkan oleh orang Samaria yang berbelas kasihan, – bila kita tak mau menjadi perampok atau pembantunya dengan membuang muka. Kasihlah yang mengenal dan memungkinkan belas kasihan. Dan inilah perutusan gereja di tengah globalisasi ketidakpedulian yang tak mampu merasakan belas kasihan.
FT 67 Perumpamaan Orang Samaria yang berbelas kasih menjadi gambaran yang mencerahkan, yang mampu menyoroti pilihan dasar yang perlu kita buat untuk membangun kembali dunia yang menyakiti kita ini. Dalam menghadapi begitu banyak penderitaan dan luka-luka, satu-satunya jalan keluar adalah menjadi seperti orang Samaria yang murah hati. Pilihan lain apa pun akan membuat kita entah menjadi salah satu perampok atau salah satu dari mereka yang lewat tanpa menunjukkan belas kasihan atas penderitaan orang di pinggir jalan..
FT 62 Karena “kasihlah yang memutus belenggu yang membuat kita terasing dan terpisah, dengan membangun jembatan; kasihlah yang memungkinkan kita membangun keluarga besar di mana kita semua bisa merasa seperti di rumahnya sendiri …. Kasih yang mengenal belas kasihan dan martabat.”
EG 179 . Oleh sebab itu, “pelayanan amal kasih juga merupakan unsur pokok perutusan Gereja dan ungkapan tak terpisahkan dari hakikatnya sendiri.” Menurut kodratnya sendiri Gereja bersifat misioner; demikian juga dalam kodratnya itu mengalirlah amal kasih yang efektif bagi sesama dan bela rasa yang memahami, membantu dan memajukan.
EG 54 Untuk mempertahankan gaya hidup yang menyingkirkan sesama, atau untuk mempertahankan antusiasme demi cita-cita egois itu, telah dikembangkan globalisasi ketidakpedulian. Hampir tanpa menyadari hal tersebut, kita akhirnya tak mampu merasakan belas kasihan kepada jeritan kaum miskin, menangis untuk penderitaan sesama, dan merasa perlu membantu mereka, seolah-olah semua ini adalah tanggung jawab orang lain dan bukan tanggung jawab kita sendiri. Budaya kesejahteraan telah mematikan perasaan kita;.
Kasih sayang terhadap ciptaan
Belas kasihan pada segala makhluk adalah ciri kasih Allah dan Ia menggerakkan manusia yang segambar dengan Diri-Nya untuk berbelas kasihan yang serupa terhadap seluruh bumi ciptaan. Misteri Kasih Ilahi jangan dilupakan dalam pendidikan lingkungan hidup. Selain itu, rasa sayang terhadap semua makhluk tidak mungkin bila kita tidak juga merasa sayang terhadap sesama manusia.
FT 59 “Belas kasih manusia ditujukan kepada sesamanya, sedangkan belas kasih Allah kepada segala makhluk”(Sirakh 18:13).
LS 210 Pendidikan lingkungan hidup harus mempersiapkan kita untuk melakukan lompatan ke Misteri yang memberi etika lingkungan maknanya yang terdalam. Selain itu, para pendidik harus mampu mengembangkan jalur-jalur pedagogis bagi etika lingkungan, sehingga membantu orang secara efektif bertumbuh dalam solidaritas, tanggung jawab, dan perawatan penuh kasih (compassionate).
LS 91 Rasa persatuan mendalam dengan makhluk lain dan alam tidak mungkin menjadi nyata jika pada saat yang sama hati kita tidak dipenuhi kelembutan, kasih sayang dan kepedulian terhadap sesama manusia. *** (Penulis adalah Rohaniwan Katolik Tinggal di Jakarta)